Home » , » Ukuran lapangan Futsal standard Nasional dan Internasional FIFA

Ukuran lapangan Futsal standard Nasional dan Internasional FIFA

Ukuran lapangan Futsal standard Nasional dan Internasional FIFA. Mungkin saat ini olahraga Futsal menjadi pilihan asyik untuk menjaga kebugaran tubuh, dan saat kita bermain futsal di beberapa penyewaan lapangan futsal dan mencermati ukurannya, sering kita rasakan adanya perbedaan ukuran lapangan futsal nya. Ada lapangan futsal yang kita rasakan agak kecil dan ada juga lapangan yang terasa agak besar. Perbedaan ini biasanya tergantung dari pembuat lapangan.

Dan kali ini saya akan membahas tentang gambar dan ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional FIFA. Yukk simak ulasan dibawah ini.

UKURAN 

1. Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional:

- Panjang 25-42 m.
- Lebar 15-25 m.

2. Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional:

- Panjang minimal 38-42 m.
- Lebar 18-25 m.

TANDA / BATAS LAPANGAN

  • Lapangan ditandai dengan garis pembatas lapangan. Garis yang berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedang garis yang lebih pendek adalah garis gawang (goal line).
  • Lebar garis pembatas 8 cm.
  • Lapangan dibagi menjadi dua bagian yang sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut garis tengah.
  • Titik tengah ditandai dengan titik tepat di tengah lapangan, lalu garis melingkar dibuat dengan titik pusat di titik tengah tersebut dengan jari-jari lingkaran 3 m.
WILAYAH PENALTI

Seperempat lingkaran dengan radius 6 meter digambarkan berada ditengah-tengah
pada garis gawang.

Seperempat lingkaran digambarkan dari garis gawang sampai bertemu dengan garis bayangan yang digambarkan berada ditengah pada sudut kanan pada garis gawang dari sisi luar posisi tiang gawang.

Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan oleh garis sepanjang 3.16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang.

Titik penalti berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.

TITIK PENALTI KEDUA

Titik penalti kedua berjarak 10 meter dari titik tengah, antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.

TITIK TENDANGAN SUDUT

Seperempat lingkaran dengan radius 25 cm di setiap sudut lapangan.

Daerah Tendangan Sudut


Di setiap masing-masing sudut lapangan dibuat seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm.

ZONA PERGANTIAN PEMAIN

Lima meter setelah garis daerah bebas adalah daerah pergantian pemain. Daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping. Lebar garis ini adalah 8 cm, dan panjangnya 80 cm (40 cm di dalam lapangan, 40 cm di luar lapangan).


GAWANG

Gawang harus ditempatkan pada tengah-tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari dua buah tiang sejajar vertikal dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan batang horizontal.

Jarak kedua tiang vertikal adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.

Tiang vertical maupun tiang horinzontal memiliki lebar dan kedalaman 8 cm.

Net (jaring), terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, dipautkan pada kedua tiang vertikal dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang. Bagian yang bawah didukung oleh batangan melengkung ataupun bentik lainnya untuk memberikan tahanan yang cukup.

Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung kearah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah (permukaan lapangan)

KEAMANAN

Gawang dapat dipindah-pindah tetapi harus dapat tetap kokoh berdiam aman di permukaan lapangan selama pertandingan berlangsung

PERMUKAAN LAPANGAN

Permukaan lapangan haruslah mulus dan rata serta tidak kasar atau kesat. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya adalah sangat dianjurkan. Beton ataupun bata harus dihindarkan.

KEPUTUSAN DAN PENEGASAN

1. Jika ukuran garis gawang adalah antara 15 meter dan 16 meter, radius ukuran seperempatnya lingkaran hanya sebesar 4 meter. Dalam hal ini, titik penalti tidaklah lagi ditempatkan pada garis wilayah penalti, tetapi berada tetap pada jarak 6 meter dari titk tengah antara posisi tiang gawang.

2. Penggunaan lapangan rumput alami ataupun rumput buatan diperbolehkan untuk pertandingan yang dimainkan kedalam kompetisi domestik, tetapi tidak diperbolehkan untuk pertandingan nasional dan internasional.

3. Sebuah tanda boleh digambarkan diluar lapangan, 5 meter dari busur pojok dan pada sudut kanan pada garis gawang untuk memastikan bahwa jarak ini adalah diperhatikan ketika sebuah tendangan sudut dilakukan. Lebar dari tanda ini adalah 8 cm.

4. Tempat duduk para pemain cadangan dan official adalah di belakang garis pembatas lapangan tepat disamping zona bebas yang berada didepan meja penjaga waktu.


0 komentar:

Poskan Komentar

Liga

ISL ( LIGA )

Cari Disini