Home » , , , , , , , » Ukuran lapangan sepakbola

Ukuran lapangan sepakbola

Ukuran lapangan sepakbola. Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia.. Olahraga ini dapat dimainkan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Dalam memainkan sepakbola, sepakbola mempunyai peraturan-peraturan yang sudah disusun secara detail dan jelas oleh organisasi sepakbola dunia yaitu FIFA.

Selain peraturan, FIFA juga menyusun ukuran lapangan sepakbola yang standar untuk melakukan pertandingan sepakbola. Sehingga untuk semua kompetisi di dunia sudah ada standarisasinya. 

Inilah Ukuran lapangan sepakbola standard FIFA:

Ukuran Keseluruhan :

- Panjang lapangan sepakbola minimum 90 meter

- Panjang lapangan sepakbola maksimum 120 meter

- Lebar lapangan sepakbola minimum 45 meter

- Lebar lapangan sepakbola maksimum 90 meter

Untukukuran lapangan sepakbola pertandingan level internasional :

- Panjang lapangan minimum 100 meter

- Panjang lapangan maksimum 110 meter

- Lebar lapangan minimum 64 meter

- Lebar lapangan maksimum 75 meter

Garis tengah : 
garis tengah lapangan sepakbola diletakkan tepat di tengah lapangan dan membagi lapangan menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

Lingkaran Tengah : 
lingkaran tengah mempunyai ukuran radius 9,15 meter. Disini pertandingan sepakbola dimulai atau sering disebut dengan kick off.

Penalty area : 
sebuah kotak berbentuk persegi panjang yang sering disebut dengan kotak pinalti. Memiliki panjang 40 meter serta lebar 16,5 meter. Untuk melakukan tendangan pinalty jaraknya 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih.

Gol area / area panjang gawang : 
daerah ini merupakan area kekuasaan penjaga gawang sehingga jika ada benturan dengan kiper maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran.

Ukuran dari area gawang adalah panjang 18,32 meter serta lebar 5,5 meter. Dan untuk tiang gawang ukurannya harus memiliki perbandingan 3 : 2 dan berbentuk persegi panjang dengan tinggi 2,4 meter serta lebar 7,3 meter.


0 komentar:

Poskan Komentar

Liga

Jadwal

ISL ( LIGA )

Cari Disini